Pekerjaan Gedung PMI Linggau Rampung Tahun Ini

Lubuklinggau, (Radar Silampari)- Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI itu sendiri, merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang netral dan mandiri yang didirikan dengan tujuan untuk memberikan pertolongan, agar membantu meringankan penderitaan sesama manusia akibat dari suatu bencana, baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia tanpa membedakan latar belakang korban yang ditolong.

Mengingat pentingnya kehadiran dari lembaga tersebut di suatu daerah, maka sudah sewajarnya suatu pemerintah daerah memberikan dukungan penuh terhadap eksistensi Palang Merah Indonesia (PMI) di wilayah administrasi suatu pemerintahan daerah.

Kota Lubuklinggau yang dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini terus menggencarkan peningkatan pelayanan. Khusus PMI Kota Lubuklinggau, dimana pada tahun 2020 Pemerintah Kota Lubuklinggau telah mulai mengganggarkan Pembangunan Gedung PMI secara bertahap. 

Proyek tersebut dimulai dari pekerjaan struktur pada tahun pertama dan dilanjutkan penyelesaian pekerjaan arsitektur pada tahun 2021, gedung PMI Kota Lubuklinggau untuk bangunan konstruksinya telah selesai terbangun. Berlokasi di Kelurahan Air Kuti berdekatan dengan komplek RSUD. Siti Aisyah, membuat lokasi gedung PMI tersebut semakin strategis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Lubuklinggau. 

Pada tahun 2022 ini, penyelesaian beberapa sarana pendukung dilakukan kembali oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau dalam rangka melengkapi sarana gedung tersebut, agar lebih representatif.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Lubuklinggau, Achmad Asril Asri, ST, M.Si melalui Kepala Bidang Cipta Karya H. Taufik Q, MT menyampaikan, pekerjaan itu secara bertahap memang Pemerintah Kota Lubuklinggau berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan gedung PMI Kota Lubuklinggau.

“Pada tahun 2022 ini kita melakukan peningkatan sarana dan prasarana gedung tersebut. Pelaksanaan sudah kita mulai pada bulan Juni lalu, dilaksanakan oleh CV. Jaya Karya Mandiri dengan nilai Kontrak sebesar Rp. 797.311.900,00 dan insya Allah akan rampung akhir tahun 2022 ini,” jelasnya, Rabu (3/8/2022).

Taufik Q, MT menjelaskan bahwa pada tahun 2022 ini akan melakukan peningkatan sarana dan prasarana berupa pagar depan dan belakang, IPAL medis dan beberapa penataan landscape. 

‚ÄúSudah tidak terlalu banyak lagi penanganan yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Lubuklinggau. Insya Allah akhir tahun 2022 ini Gedung PMI Kota Lubuklinggau sudah bisa kita serah terima sepenuhnya ke pihak PMI untuk bisa digunakan,” tutur Taufik.

Taufik Q, MT juga menerangkan, bahwa pelaksanaan di lapangan sudah hampir rampung untuk pekerjaan pagar depan dan sekarang masih proses dalam pembuatan IPAL medis, sementara untuk bobot pekerjaan sudah mencapai kurang lebih 40% (empat puluh persen). 

“Diharapkan pekerjaan peningkatan sarana dan prasarana gedung PMI Kota Lubuklinggau ini dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan spesifikasi pekerjaan, dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu sehingga segera dapat dikelola demi kepentingan masyarakat Kota Lubuklinggau,” jelasnya.

Harapan kedepannya, dengan adanya gedung PMI yang representatif ini dapat ikut serta meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Lubuklinggau, baik didalam pelayanan transfusi darah maupun pemberian pertolongan terhadap kejadian bencana,  meningkatkan kinerja dari pelayanan lembaga sosial PMI kepada masyarakat.

“Serta dapat meningkatkan fasilitas publik yang ada di Kota Lubuklinggau,” pungkasnya. (April)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *