Ada Proyek Siluman di SDN 12 Lubuklinggau

Lubuklinggau, (Radar Silampari)- Pembangunan gedung baru di SDN 12 Kota Lubuklinggau Kelurahan Bandung Ujung, menjadi sorotan. Pasalnya, pekerjaan yang sudah berjalan beberapa hari tersebut hingga kini belum ada plang proyek.

Warga setempat, Ran menyampaikan bahwa proyek yang dibangun pemerintah dinilai proyek siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyek hingga saat ini.

“Tidak tahu itu proyek apa, sebab dikerjakan tanpa menggunakan papan nama. Itu mungkin indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat, agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya,” ungkapnya, Minggu (21/8/2022).

Perlu diketahui, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008 dan perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparasi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” tegas Ran.

Hingga berita ini ditayangkan, belum juga ada papan nama proyek dan tidak diketahui siapa pemborongnya. (Pranata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *