Bupati Empat Lawang Lepas Ribuan Benih Ikan

EMPAT LAWANG, (Radar Silampari)– Untuk melestarikan ikan di Sungai Musi, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad melepas ribuan benih ikan.

Benih ikan tersebut dilepas di aliran Sungai Musi, kawasan Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat. Kamis, (8/12/2022).

“Pelepasan benih ikan ini untuk ketersediannya stok ikan (restocking) di wilayah Empat Lawang. Mari kita jaga aliran Sungai Musi, jangan buang sampah di sungai, jangan meracun ikan, jangan menyetrum ikan, supaya ikan di sungai terjaga kelestariannya,” kata Bupati.

Bupati menegaskan, bagi para pelaku meracun atau menyetrum ikan, akan ditindak tegas. Sebab Perda larangan meracun dan setrum ikan sudah dibuat harus ditegakkan dan di lapangan harus diawasi.

“Restocking ini untuk meningkatkan penambahan stok ikan di wilayah Empat Lawang. Karena saat ini stok ikan mulai menipis,” ujar Joncik.

Potensi ikan di Empat Lawang, terutama di Pendopo banyak dan harus ditingkatkan, supaya petani ikan sejahtera dan masyarakat tidak ketergantungan dengan ikan dari daerah luar.

“Selama ini stok ikan kita masih di suplai dari Musi Rawas, Bengkulu dan daerah lain. Maka dari itu, Empat Lawang harus bisa memenuhi kebutuhan ikan di daerah sendiri, bila perlu bisa suplai juga keluar daerah,” harapnya.

Para petani ikan harus diberikan pembinaan mengenai budidaya ikan. Misalnya di wilayah Muara Pinang ikan yang cocok, ikan apa dan harus dipertimbangkan. Jangan sampai bibit ikan yang sudah disiapkan, banyak mati, karena tidak cocok dengan cuaca di daerah tersebut. (Pranata/Rilis Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *